Berita LPPM

Detail Berita

BEM Unkris Gelar Kegiatan “Team Building” Jadi Bagian Pengabdian Masyarakat


27 Februari 2023   09.00 WIB

Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Universitasy Krisnadwipayana (Unkris) menggelar kegiatan Team Building bagi seluruh pengurus. Kegiatan berlangsung pada 24-26 Februari 2023 di Desa Lemah Duhur, Kecamatan Caringin, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Kegiatan yang merupakan bagian dari program Pengabdian Masyarakat ini bertujuan membentuk kader BEM Unkris berkualitas serta memberikan kesempatan langsung bagi kader BEM untuk menjalankan tugas pengabdian masyarakat.

Kegiatan dibuka langsung Wakil Rektor III Parbuntian Sinaga dan menghadirkan narasumber dosen FE Unkris Muhammad Harris, Ketua Lembaga Pengabdian Masyarakat Unkris Susetya Herawati, dosen FE Unkris Diajeng Restrianti, dan mantan Presiden Mahasiswa Unris Dwiki Saputra.

Parbuntian Sinaga dalam sambutan mengatakan, menjadi pengurus BEM merupakan sebuah kesempatan untuk belajar dan mengembangkan diri, baik itu kemampuan hard skill maupun soft skill.

“Karena itu manfaatkan waktu dengan baik.Menjadi mahasiswa jangan hanya berkutat dengan tugas akademik tetapi alangkah baiknya jika memperkaya diri dengan pengalaman lain seperti ikut aktif dalam organisasi kemahasiswaan,” pesannya.

Dengan berorganisasi, lanjut Parbuntian, mahasiswa memiliki kesempatan belajar banyak hal, mulai dari belajar bekerjasama, berkomunikasi, kepemimpinan, mengasah kemampuan sosial, mengenal dunia kerja, membentuk pribadi kuat dalam menghadapi tekanan, memperluas pergaulan, membentuk jaringan, dan lainnya.

Meski demikian, Parbuntian mengingatkan aktif berorganisasi tidak harus mengorbankan tugas akademik atau kuliah. “Jangan sampai karena berorganisasi lalu lulusnya terlambat. Ini jelas tidak boleh terjadi.Karena lulus terlambat tidak hanya akan merugikan diri sendiri, tetapi juga menurunkan performa kampus. Jadi, semua harus berjalan seimbang,” tambahnya.

Dalam kesempatan itu, Parbuntian juga meminta anggota BEM Unkris menjadi satu tim solid, dan memiliki visi misi sama untuk mendukung kemajuan Unkris.

Dalam kesempatan tersebut, Presiden Mahasiswa Unkris Pier Lailossa menyebutkan bahwa kegiatan team building BEM Unkris merupakan kegiatan rutin yang dilakukan pengurus BEM. Tujuannya, membentuk kader berkualitas serta memberikan kesempatan langsung dalam menjalankan tugas pengabdian masyarakat.

“Tahun ini kegiatan team building terdiri atas dua kegiatan yakni pertama kegiatan internal BEM yang diisi dengan sharing session dan games,” jelas Pier didampingi Wakil Presiden Mahasiswa Arafanggi Gunatama.

Sesi pertama ini juga menghadirkan narasumber Warek III Parbuntian Sinaga yang membahas soal membangun karakter kepemimpinan dan sinergi, Muhammad Harri yang membahas business model canvas dan CV serta mantan presiden mahasiswa Dwiki Saputra yang berbagi pengalaman berorganisasi.

Kemudian kegiatan kedua merupakan kolaborasi BEM dengan masyarakat. Dalam sesi ini, dihadirkan narasumber dosen sekaligus ketua LPM Unkris Susetya Herawati dan dosen FE Unkris Diajeng Restrianti yang membahas digital marketing serta pelatihan bercocok tanam.

“Dalam sesi ini kami juga menggelar kerja bakti bersama masyarakat Desa Lemah Duhur,” tambah Pier. Ia menyebut, BEM Unkris dalam berpikir dan bertindak selalu berdasarkan asas, landasan dan prinsip yang telah disepakati yakni Pancasila dan Persatuan Mahasiswa Krisnadwipayana, Tri Dharma Perguruan Tinggi. Ia menambahkan, BEM Unkris. memegang prinsip Kebebasan Kreatifitas, Kebenaran Ilmiah, Kedaulatan Mahasiswa, Kebersamaan dan Kekeluargaan. “Melalui kegiatan team building ini, kami berharap BEM Unkris dapat secara tuntas memaknai hal-hal tersebut agar lebih terarah dalam menjalankan segala tugas dan tanggungjawab,” jelasnya.

Ia juga berharap kegiatan ini dapat membangun networking dengan semua unsur yang ada di Unkris dan juga luar unkris. "Dengan demikian apa yang dijalankan dalam kepengurusan dan juga sebagai mahasiswa bisa jadi bekal di saat sudah lulus nantinya," pungkasnya.

Sumber : https://www.kompas.com/edu/read/2023/02/27/205643171/bem-unkris-gelar-kegiatan-team-building-jadi-bagian-pengabdian-masyarakat?utm_source=Whatsapp&utm_medium=Referral&utm_campaign=Top_Mobile


Berita Lainnya